Pengadaan Barang/Jasa

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 tentang perubahan ke empat atas Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan APBN, untuk memudahkan staf pengelola keuangan dan mempercepat proses pembayaran dengan pembayaran Langsung (LS) jenis pengadaan barang/jasa, kami beritahukan dokumen yang di lampirkan dalam pengajuan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) kepada Pejabat Penandatangan SPM (PPSPM). Kelengkapan dokumen pembayaran tersebut adalah sebagai berikut

  1. Lampiran Dokumen SPP Pengadaan Barang/Jasa Lainnya sampai dengan 50 Jt
  2. Nota Dinas permintaan pengadaan barang/jasa dari Pelaksana Kegiatan kepada PPK;
  3. Nota Dinas permintaan pengadaan barang/jasa dan HPS dari PPK kepada Pejabat Pengadaan;
  4. Form klarifikasi dan penunjukan penyedia dari PPBJ;
  5. Kuitansi bermaterai yang ditandatangani oleh Penyedia barang/jasa, PPK, dan Penerima Barang;
  6. Faktur Pajak dan SSP (jika dikenakan pajak);
  7. Dokumen pendukung lainnya.

       1a.  Lampiran Dokumen SPP Pengadaan ATK

  • Nota Dinas permintaan pengadaan barang/jasa dari Pelaksana Kegiatan kepada PPK;
  • Nota Dinas permintaan pengadaan barang/jasa dan HPS dari PPK kepada PPBJ;
  • Form klarifikasi dan penunjukan penyedia dari PPBJ;
  • Kuitansi bermaterai yang ditandatangani oleh Penyedia barang/jasa, PPK, dan Penerima Barang;
  • Faktur barang;
  • Faktur Pajak dan SSP (jika dikenakan pajak).

1b.  Lampiran Dokumen SPP Pengadaan Seminar KIT

  • Nota Dinas permintaan pengadaan barang/jasa dari Pelaksana Kegiatan kepada PPK;
  • Nota Dinas permintaan pengadaan barang/jasa dan HPS dari PPK kepada PPBJ;
  • Form klarifikasi dan penunjukan penyedia dari PPBJ;
  • Kuitansi bermaterai yang ditandatangani oleh Penyedia barang/jasa, PPK, dan Penerima Barang;
  • Faktur barang;
  • Foto copy undangan dan tanda terima seminar kit;
  • Faktur Pajak dan SSP (jika dikenakan pajak).

1.c   Lampiran Dokumen SPP Pengadaan Konsumsi Rapat

  • Nota Dinas permintaan pengadaan barang/jasa dari Pelaksana Kegiatan kepada PPK;
  • Nota Dinas permintaan pengadaan barang/jasa dan HPS dari PPK kepada PPBJ;
  • Form klarifikasi dan penunjukan penyedia dari PPBJ;
  • Kuitansi bermaterai yang ditandatangani oleh Penyedia barang/jasa, PPK, dan Penerima Barang;
  • Foto copy undangan dan daftar hadir;
  • SSP (jika dikenakan pajak).

1.d  Lampiran Dokumen SPP Paket Meeting Dalam Kota

  • Nota Dinas permintaan pengadaan barang/jasa dari Pelaksana Kegiatan kepada PPK;
  • Nota Dinas permintaan pengadaan barang/jasa dan HPS dari PPK kepada PPBJ;
  • Form klarifikasi dan penunjukan penyedia dari PPBJ;
  • Kuitansi bermaterai yang ditandatangani oleh Penyedia barang/jasa, PPK, dan Penerima Barang;
  • Asli surat pernyataan dari penanggungjawab kegiatan;
  • Foto copi undangan, Agenda Kegiatan, dan daftar hadir;

1.e   Lampiran Dokumen SPP Paket Meeting Luar Kota

  • Nota Dinas permintaan pengadaan barang/jasa dari Pelaksana Kegiatan kepada PPK;
  • Nota Dinas permintaan pengadaan barang/jasa dan HPS dari PPK kepada PPBJ;
  • Form klarifikasi dan penunjukan penyedia dari PPBJ;
  • Kuitansi bermaterai yang ditandatangani oleh Penyedia barang/jasa, PPK, dan Penerima Barang;
  • Surat pernyataan dari penanggungjawab kegiatan;
  • Asli surat pernyataan dari PPK;
  • Foto copy undangan, Agenda Kegiatan, dan daftar hadir;
  • Lampiran Dokumen SPP Pengadaan Barang/Jasa Lainnya diatas 50 Jt sampai dengan 200 Jt
  • Nota Dinas permintaan pengadaan barang/jasa dari Pelaksana Kegiatan kepada PPK;
  • Nota Dinas permintaan pengadaan barang/jasa dan HPS dari PPK kepada PPBJ;
  • Surat permintaan penawaran dari PPBJ ke penyedia jasa;
  • Surat penawaran dari penyedia;
  • Berita acara klarifikasi dan negosiasi teknis dan harga (Penyedia dan PPBJ);
  • Surat penetapan penyedia dari PPBJ;
  • Nota Dinas laporan selesai pengadaan dari PPBJ;
  • Surat perintah kerja/Kontrak;
  • Berita acara serah terima/Berita acara penyelesaian pekerjaan;
  • Berita acara pembayaran;
  • Kuitansi bermaterai yang ditandatangani oleh Penyedia barang/jasa dan PPK;
  • Faktur Barang/Invoice;
  • Faktur Pajak dan SSP (jika dikenakan pajak);
  • Karwas Kontrak dan Data Register Realisasi;
  • Dokumen pendukung lainnya.