Mengenal Lebih Dekat Sistem Marketplace dan Digital Payment (Digipay)

Sesuai dengan arahan Presiden dan Menteri Keuangan yang meminta agar program perlindungan dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dijalankan lebih fokus dan terarah melalui digitalisasi UMKM dan digitalisasi pengelolaan keuangan negara. Dengan pemanfaatan teknologi informasi dan implementasi penggunaan Virtual Account dan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) diharapkan dapat membuka kesempatan untuk berinovasi membangun sebuah ekosistem digital belanja negara, yang melibatkan satuan kerja, perbankan, dan vendor (UMKM). Berdasarkan latar belakang tersebut perlu dikembangkan Digital Payment Ecosystem dan System Marketplace guna mendorong efisiensi, efektifitas, transparansi, dan akuntabilitas belanja negara, serta memberdayakan vendor yang sebagian besar merupakan UMKM.

Sesuai dengan amanat Peraturan Direktur Jendral Perbendaharaan Nomor PER-20/PB/2020 tentang Uji Coba Penggunaan Uang Persediaan Melalui Marketplace dan Digital Payment pada Satuan Kerja, tahun 2021 ini akan dimulai piloting sistem tersebut di semua satuan kerja termasuk di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Pada 12 Agustus 2021 lalu Bagian Keuangan sudah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Implementasi Marketplace dan Digital Payment (Digipay) dengan mengundang narasumber dari KPPN Jakarta II dan Bank Mandiri serta para stakeholder, pengelola keuangan, pejabat pengadaan. serta vendor yang selama ini bermitra dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Untuk lebih mengenali dan memahami sistem Marketplace dan Digital Payment (Digipay) berikut terlampir bahan-bahan bacaan terkait hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *